Header Ads

Header ADS

Mengenal Peralatan Input (Input Device) Komputer

Input device adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk memasukkan dan memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer.

Input yang dimasukkan ke komputer bisa dapat berupa sebuah data, sebuah perintah, video, audio, photo, dll.

Beberapa Peralatan input yang berkembanga sampai saat ini adalah :

  • Keyboard
    Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
    input-keyboard
  • Mouse
    Mouse juga termasuk salah unit masukan (input device). Mouse berfungsi sebagai alat untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
    input-mouse
  • Trackball
    Trackball adalah perangkat input yang digunakan sebagai pengganti mouse di laptop atau PC. Mouse komputer membutuhkan ruang untuk menggerakkannya, sedangkan trackball tidak memerlukan ruang tambahan. Untuk mengoperasikan trackball, pengguna hanya menggerakkan bola di tengah perangkat dengan jari, ibu jari atau telapak. Trackballs sering digunakan untuk aplikasi game.
    input-trackball
  • Touch Pad
    Touch pad banyak ditemukan pada laptop dan notebook. Alat ini merupakan pengganti fungsi mouse. Cara penggunaannya cukup hanya dengan menggunakan sentuhan jari pada sensor pad.
    input-touchpad
  • Track Point
    Track Point merupakan salah satu peralatan input pengganti mouse. Sebelum munculnya Touchpad, Track Point banyak digunakan oleh pembuat laptop atau notebook. Penggunaan alat ini hampir mirip dengan joystick, kita hanya menggeser kepala track point sesuai arah yang diinginkan. Penamaan untuk track point pada setiap laptop berbeda-beda, ada yang menamakannya Point Stick, Pointing Stick, Track Stick, AccuPoint, dll. Infoselengkapnya bisa baca disini
    input-trackpoint
  • Joystick
    Joystick adalah alat masukan komputer yang berbentuk tuas dan dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah. Joystick umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan sebuah game.
    input-joystick
  • Touch Screen
    Touchscreen adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan pada tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Dalam penggunaannya, kita hanya menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri. Masa kini, layar sentuh banyak ditemukan pada iPod Touch, iPhone atau Blackberry Storm.

    input-touchscreen
  • Graphic Pads
    Graphics pads ini merupakan alat input untuk menggambar objek pada monitor. Proses kerja dari Graphics pads adalah dengan bantuan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad. Kita cukup menuliskan gambar pada pad, dan hasilnya akan ditampilkan pada layar monitor.
    input-graphics-pad
  • Lightpen
    Light pen merupakan pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam.
    input-lightpen
  • Barcode Scanner
    Barcode scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertikal (disebut dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk Penggunaan barcode scanner ini mempunyai dua keuntungan tambahan. Yang pertama akan memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir. Yang kedua, penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data, sehingga mengurangi jumlah antrian yang panjang
    input-barcode-scanner
  • Scanner
    Scanner atau biasa disebut pemindai merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk objek maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.
    input-scanner
  • Finger Print Reader
    Finger Print Reader digunakan untuk membaca pola biometrik sidik jari pada manusia. Setiap manusia memiliki sidik jari yang berbeda-beda. Sidik jari yang terbaca oleh alat ini merupakan sebuah input yang dapat dijadikan sebagai data untuk mengakses kode tertentu.
    input-fingerprint
  • Retina Scan
    Retina Scan memiliki fungsi yang sama dengan Finger Print Reader. Hanya saja alat ini membaca biometrik yang ada pada retina mata. Setiap mata manusia memiliki struktur pembuluh darah yang unik pada setiap orang. Manusia yang kembar siam pun memiliki susunan yang berbeda.
    input-retina-scanner
  • Webcam
    WebCam adalah kamera video sederhana yang sering digunakan untuk konferensi video jarak jauh atau sebagai kamera pemantau. WebCam pada umumnya tidak membutuhkan kaset atau tempat penyimpanan data, data hasil perekaman yang didapat langsung ditransfer ke komputer. Kamera ini juga dapat digunakan untuk mengambil photo.
    input-webcam
  • Camera Digital
    Camera Digital adalah alat untuk membuat gambar dari sebuah objek yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital. Karena hasilnya disimpan secara digital maka hasil rekam gambar ini harus diolah menggunakan pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang dapat membaca media simpan digital tersebut.

    input-camera
  • Microphone
    Microphone merupakan peralatan input yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam komputer berupa suara, baik itu untuk merekam ataupun bicara langsung didepan corong microphone.
    input-microphone
  • Headset/Headphones
    Prinsip kerja headset hampir mirip dengan Microphone. Hanya saja pada headset terdapat speaker. Microphone pada headset biasanya berada disamping pengguna.
    input-headphones
  • MIDI Keyboard
    Jika anda ingin memasukkan musik / lagu dengan format MIDI, kita dapat menggunakan MIDI Keyboard ini. Alat ini berfungsi untuk menghasilkan musik dengan format MIDI.
    input-midi

No comments

Terima Kasih Atas Komentar Anda !
Tuntutlah Ilmu sampai ke Liang Lahat

Powered by Blogger.