Header Ads

Header ADS

Apa itu IP Address ?

Sebenarnya apa sih yang dimaksudkan dengan IP Address ? Jika anda ingin berbagi pakai data, berbagi pakai hardware dan dapat mengakses internet dalam jaringan, tentu saja anda harus mengenal dahulu dengan IP Address. Nah IP Address merupakan alamat berupa angka / numerik yang ditetapkan untuk sebuah komputer yang berada dalam jaringan komputer. Peran penting dari IP Address atau alamat IP adalah "Sebuah nama menunjukkan apa yang kita mencari. Sebuah alamat menunjukkan di mana ia berada. Sebuah route menunjukkan bagaimana menuju ke sana."

Secara sederhana, IP address bisa kita umpamakan dengan sebuah komplek perumahan seperti gambar dibawah ini :

konsep-ip-address

  • IP Address diibaratkan dengan alamat rumah dalam sebuah komplek perumahan. Alamat rumah ini tidak memiliki nomor yang sama. Sehingga pak pos yang datang mengirimkan surat tidak akan salah alamat. Jika terdapat nomor yang sama, tentu saja pak pos akan kebingungan untuk mencarinya. Bisa-bisa surat tersebut tidak akan pernah sampai ke tujuan.
  • Subnet Mask dapat diibaratkan batas perumahan, artinya semua rumah yang ada didalam komplek tersebut adalah satu komplek atau disebut 1 Subnet Mask. Jika angka subnet-nya berbeda tentu saja rumah tersebut berada di komplek yang berbeda.
  • Default Gateway merupakan pintu gerbang untuk keluar masuknya orang dalam komplek perumahan tersebut. Dalam sebuah komplek, hanya memiliki 1 akses jalan untuk keluar dan masuk.
  • DNS Server merupakan jalan raya yang bisa diibaratkan sebagai INTERNET. Untuk dapat sampai ke Internet kita harus melewati gerbang yang sama yaitu Default Gateway.

No comments

Terima Kasih Atas Komentar Anda !
Tuntutlah Ilmu sampai ke Liang Lahat

Powered by Blogger.