Header Ads

Header ADS

Mengenal Sistem Operasi Berbasis Teks (MS-DOS)

DOS merupakan singkatan dari MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), yaitu sebuah sistem operasi berbasis teks. Yang artinya bahwa dalam penggunaan sistem operasi ini menggunakan baris perintah dalam bentuk teks. Semua perintah harus diketikkan pada prompt tanpa menggunakan mouse. DOS sendiri sebenarnya diciptakan oleh IBM, lalu dibeli oleh Microsoft. Sehingga nama DOS berubah menjadi MS-DOS.

MS-DOS memiliki sifat Single User dan Mono Tasking. Single User artinya bahwa OS tersebut hanya dapat digunakan oleh satu pengguna saja dalam waktu yang bersamaan. Sedangkan Mono Tasking artinya bahwa OS tersebut hanya dapat melakukan 1 perintah / pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

Sebelum system operasi windows diluncurkan ke seluruh penjuru dunia pada tahun 1995, hampir semua pemakai komputer PC di dunia berada dibawah naungan system operasi MS-DOS. Contoh-contoh program yang dirancangkan untuk MS-DOS adalah Wordstar (word processor), lotus 123 (spread sheet), dbase (pengolah database), turbo C (pemrograman, dan lain-lain).

Selain itu, MS-DOS juga berfungsi untuk penanganan disket dan lain-lain). Untuk bekerja dengan Ms Dos ini, Windows XP masih menyediakan suatu fasilitas yang disebut dengan command prompt.

Bagaimana Cara Menjalankan Command Prompt pada Windows XP ?

Untuk menjalankan DOS pada Windows XP, Klik Start > Run, kemudian ketik CMD dan tekan Enter.

run-dos-01

Akan muncul tampilan DOS Prompt.

run-dos-02

Pada tampilan diatas, perintah dos diketikkan, misalnya dir, cls, time, date, dll.

No comments

Terima Kasih Atas Komentar Anda !
Tuntutlah Ilmu sampai ke Liang Lahat

Powered by Blogger.