Header Ads

Header ADS

Cara Membuat E-Mail di Google Mail

sign-inCara Membuat E-Mail di Google Mail. Pada pertemuan kali ini, kita akan mencoba membuat email baru. Banyak Situs ataupun penyedia layanan Email ini, Seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, dll. Tetapi untuk memudahkan dalam mempelajari Materi ini sampai tuntas, kita akan menggunakan layanan Gmail. Kenapa harus Gmail ? Karena Gmail ini layanan email yang gratis dan kaya akan fitur. Salah satu Fitur yang akan kita manfaatkan dalam Pembelajaran ini adalah telah mendukung POP (Post Office Protocol).

Apa itu POP ? POP adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email. Protokol ini erat hubungannya dengan protokol SMTP dimana protokol SMTP berguna untuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim ke server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung surat eletronik untuk sementara sampai surat elektronik tersebut diambil oleh penerima yang berhak.

Untuk membuat mail di google hanya memerlukan 3 langkah mudah yang harus diselesaikan. Langkah-langkah membuat email adalah sbb :

1. Jalankan aplikasi web browser seperti Internet Explorer atau Browser yang lain. (Opera, Firefox, Flock, Safari, dll)

2. Buka alamat http://mail.google.com atau http://www.gmail.com pada web browser anda.

3. Kemudian Klik tombol CREATE AN ACCOUNT pada bagian kanan atas layar anda.
create-account

4. Lalu isikan data-data yang diperlukan untuk membuat email

a. Pada bagian Name, silahkan isi data dengan kata pertama dan kedua dari nama anda, misalnya KKPI dan Online. Pada Nama Depan isikan dengan Nama Depan anda, seperti “KKPI”. Nama Belakang diisi dengan menuliskan Nama Belakang anda, seperti “Online”. Jika anda hanya memiliki nama satu kata saja, tambahkan saja dengan nama lain yang anda inginkan.
isian-1

b. Pada bagian Choose your username atau Nama Login, silahkan diisi dengan nama unik yang nantinya akan menjadi nama dan alamat email anda. Dalam pemilihan nama diharuskan untuk tidak menggunakan nama yang sudah digunakan oleh orang lain. Contoh menuliskan nama anda sendiri “okihelfiska”, “Oki.Helfiska”, “JSmith” atau dengan penggabungan karakter huruf dan angka, seperti “n0v488”, “oq4j4”, dll. Yang perlu diperhatikan dalam penulisan nama login ini adalah gmail hanya mengizinkan penggunaan huruf (a-z), angka (0-9), dan titik (.) dengan minimal karakter 6.
isian-2
Jika anda menggunakan nama yang sudah digunakan orang lain, akan muncul tampilan seperti ini :
isian-2a
Silahkan coba terus untuk mencari nama yang belum digunakan oleh pengguna lain atau klik disalah satu nama yang dianjurkan oleh gmail.

c. Buatlah password atau sandi untuk email anda. Password merupakan kode rahasia yang hanya anda boleh tau. Layaknya sebuah pin ATM, pin ini tidak boleh sampai diketahui orang lain. Pilihlah sebanyak minimal 8 karakter angka dan huruf untuk membuat sandi, contoh ABCD1234, atau a1b2c3d4, dll. Buat sandi ini mudah diingat, agar tidak lupa. Karena kalau lupa anda tidak akan bisa membuka email.
isian-3

d. Ulangi lagi pengetikkan passwordnya
isian-4

e. Langkah selanjutnya adalah memasukkan Tanggal – Bulan dan Tahun Lahir anda.
isian-5

f. Lalu Pilih Gender / Jenis Kelamin anda.
isian-6

g. Masukkan Nomor Handphone anda. Bagian ini biasanya digunakan oleh Google untuk memverifikasi Account Anda nantinya.
isian-7

h. Pada bagian Other Mail boleh diabaikan saja.

i. Lalu ketikkan verifikasi kata sesuai dengan gambar yang muncul pada layar anda, contoh :
isian-9

j. Pastikan bahwa negara yang tertera sudah Indonesia.
isian-10

k. Langkah terakhir adalah Klik pada I agree to the Google .....

l. Klik Tombol Next step.

m. Jika terdapat kesalahan dalam pengisian data, silahkan diperbaiki, kemudian lakukan lagi klik Tombol Next step.

1. Jika berhasil anda akan melihat tampilan berikut ini :
gmail-04
Klik tombol Countinue to Gmail

2. Email anda sudah Siap digunakan.
gmail

No comments

Terima Kasih Atas Komentar Anda !
Tuntutlah Ilmu sampai ke Liang Lahat

Powered by Blogger.