Header Ads

Header ADS

Opini Siswa : Manfaat Menggunakan Software Email Client

opini
Setelah anda menggunakan Software Email Client untuk membaca dan berkirim email, tuliskan manfaat antara Penggunaan Web Mail dan Email melalui Softare Email Client (POP Mail).
Ketentuan Menjawab :
  1. Tuliskan Jawaban Anda pada Form Komentar Artikel ini. Isikan Nama Lengkap Anda pada form komentar yang tersedia.
  2. Opini Anda paling lambat diterima 1 minggu setelah diberikan.

Standar Kompetensi : Mengoperasikan Web-Design (Internet)
Kompetensi Dasar : Mengoperasikan Software Email Client

17 comments:

  1. David Anggi Angraiwan
    XII TKJ

    E-mail software atau email client : bisa lebih mudah dalam mengirim data berupa gambar, lagu (tanpa mengirim disc), dan file lainnya.
    bahkan bisa menulis surat untuk disimpan pada draft tanpa menggunakan koneksi internet (dikirim pada saat connect ke internet)
    bahkan rata2 sekarang bisa melakukan chat secara langsung atau terconnect pada facebook dan sebagainya untuk mendapatkan contact yang bisa di ajak untuk chatting

    Web mail : melakukan pengiriman atau pertukaran email di dalam suatu web , dan harus ter connect ke dalam internet
    pada saat ingin mengambil data melalui web seperti yahoo kita perlu menginstall plug-in untuk mengambil atau meng upload data ke data base yahoo dan lain2/sebagainya

    ReplyDelete
  2. M. Resna Rizki Pratama

    Keunggulan menggunakan web mail adalah. kita bisa mengorganisir email yang kita miliki dengan leluasa dibanding dengan software email client. selain itu di web mail. kita bisa menggunakan fitur - fitur yang mungkin tidak bisa didukung di email client karena tidak semua fitur yang dimiliki oleh provider email didukung langung oleh email client. semisal chat yang ada pada gmail atau yahoo.

    Sedangkan keunggulan menggunakan software email client adalah. kita bisa mendapatkan update inbox terbaru tanpa kita harus mengceknya secara manual. semisa microsoft outlook yang akan memberitahukan email baru lewat jendela login windows xp. dan kita juga bisa mengorganisir email secara offline.

    ReplyDelete
  3. Roy Satrio
    XII TKJ

    Keunggulan menggunakan web mail ialah kita bisa nyaman untuk mengirim surat, tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan dan Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Selain itu pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.


    Keunggulan menggunakan software email client ialah dapat menghemat koneksi internet. Kita cukup terkoneksi ketika melakukan Send and Receive. Setelah itu, Kita bisa membaca dan menulis email secara offline. Proses pembacaan pesan sangat gampang. Kita tinggal mengklik subject sebuah pesan, lalu dalam sekejap kita akan bisa membacanya. Bahkan hampir semua program e-mail client memiliki fasilitas Auto Preview, yang membuat proses pembacaan e-mail menjadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  4. Muhammad Yoga Kafila


    manfaat menggunakan web mail email yaitu email yang kita kirim akan dapat diakses dari mana saja. Berbeda jika kita menggunakan aplikasi lain seperti Outlook Express, Mozilla's Thunderbird dimana email tersebut hanya dapat diakses dari komputer tertentu. dan Salah satunya kerugian kita mengakases email lewat webmail adalah harus terhubung dengan koneksi internet jika ingin mengecek atau membaca email di akun pengguna itu sendiri.


    manfaat menggunakan email-client yaitu kita dapat memasukakan email atau data (gambar atau lagu) tampa menggunakan internet atau dalam keadaan offline.dan kita hanya cukkup terkoneksi ketika kita akan mengirim email.karena cara kerja email client ini adalah dengan menyimpan email dari server ke komputer lokal.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Ammar
    XII TKJ

    Web mail pastinya sudah sangat dikenal dan digunakan banyak orang di dunia ini. Dengan web mail kita dapat saling berkirim email dengan teman, atau ke alamat email tertentu. Selain mengirim email dalam bentuk teks, kita juga dapat mengirim email berupa file, dll.

    Menggunakan software email client cukup banyak keuntungannya. Selain dapat mengetahui update inbox tanpa harus terkoneksi ke internet, menggunakan software email client juga mudah, karena beberapa software sudah tersedia di beberapa OS saat kita menginstall OS tersebut, contohnya microsoft outlook pada windows

    ReplyDelete
  6. kalau menurut saya sih, dengan web mail kita bisa berkirim dan menerima email dengan siapapun, kita juga bisa mengirim email dalam bentuk teks dan lain-lain.

    sedangkan menggunakan Software email client cukup banyak jugalah keuntungannya, kita juga bisa menerima dan mengirim email seperti web mail, akan tetapi kita menggunakan aplikasi berarti kita menghubungkan email kita dan kita bisa melihat inbox email kita dengan cara di update. aplikasi yang bisa digunakan contohnya Thunderbird atau dengan bawaan microsoft yaitu outlook.

    ReplyDelete
  7. Manfaat WebMail adalah untuk mengoperasikan e-mail account (membaca / menerima, mengirimkan, menghapus, membuat address book, dll) yang sudah di buat melalui cPanel. WebMail sesuai digunakan apabila Alamat e-mail kita harus bisa diakses beberapa orang sekaligus. Misalkan e-mail kontak utama perusahaan dimana terdapat beberapa orang yang dapat mengakses dan menjawab e-mail yang masuk


    Manfaat menggunakan email client yaitu kita tidak harus konek ke internet, kita tetap bisa membuka email terdahulu, karena cara kerja email client adalah dengan menyimpan email dari server ke komputer lokal.

    ReplyDelete
  8. webmail : untuk zaman sekarang mungkin istilah webmail sudah tidak asing lagi, selain kita dapat berkirim dan menerima email berupa text, kita juga dapat mengirim dan menerima email berupa, file, gambar, document, dll.

    email client : pada email client tidak jauh beda dengan webmail, hanya saja kita tidak membutuhkan koneksi langsung ke internet, namun kita hanya saling terhubung disaat kita ingin mengirimkan email.

    ReplyDelete
  9. Berly Puja Septa
    XII TKJ

    Webmail : Untuk manfaat webmail ini, kita dapat bertukar pesan maupun untuk bertukar file. untuk webmail kita membutuhkan beberapa aplikasi browser untuk membuka webmail. kemudian membuka website untuk mail nya. dan jika koneksi internet tidak ada maka webmail tidak akan bisa di akses jika webmail yang di akses harus terhubung ke internet.


    Email Client : untuk manfaat email client ini, sangat bermanfaat karena tidak berlu repot2 untuk membuka website kemudian mengetik alamat website nya. dan orang lebih banyak menggunakan email client dari pada mengakses webmail. dan manfaat email client ini jika ada pesan baru maka pesan langsung update. misal nya menggunakan email clinet mozilla thunderbird.

    ReplyDelete
  10. webmail : kemampuannya untuk diakses dari mana saja di seluruh dunia. Dari sekolah, warnet, rumah, luar kota, atau dari tempat lain, terserah kita. Yang penting, komputer yang kita pakai memiliki akses internet. Kemudahan seperti ini disebabkan e-mail yang Anda kelola berada di mail server tertentu, bukan di komputer pribai kita. Dan prosesnya lumayan rumit.

    email client : berbeda dengan webmail, email client ini bisa menghemat koneksi internet. kita cukup terkoneksi ketika melakukan Send and Receive terhadap pesan-pesan e-mail kita. Setelah itu, kita bisa membaca dan mengetik e-mail secara offline, dan prosesnya lebih gampang.

    ReplyDelete
  11. Webmail : Manfaat wabmail adalah kita bisa saling bertukar pesan maupun berupa file. Membuka Wabmail kita bisa menggunakan browser seperti opera mini. webmail bisa berjalan ketika coneksinya internetnya lancar, dan prosesnya juga lumayan rumit.

    email client : Email client sangat bermanfaat, karena tidak terlalu rumit dengan webmail. email client bisa menghemat internet. karena kita cukup terkoneksi untuk mengaksesnya.

    ReplyDelete
  12. Webmail :
    Memungkinkan kita untuk mengelola e-mail dari mana saja, yang penting computer kita harus memiliki akses internet.
    Webmail bisa di akses melalui browser seperti firefox, Internet Explorer, Opera dan lain-lain. Kita tidak perlu menginstall software mail client di computer.
    Pada webmail terdapat kelemahan seperti, Sangat tergantung terhadap akses internet. Selama mengelola e-mail, kita harus terkoneksi terus ke internet, kalau tidak maka prosesnya akan terhenti, dan Kita akan khawatir masalah kuota nya


    Email Client :
    Ada banyak program email client yang tersedia saat ini, seperti Microsoft Outlook dan Outlook Express, Mozilla Thunderbird, dan masih banyak lagi. Email clien Menghemat koneksi internet. Kita cukup terkoneksi ketika melakukan Send and Receive. Setelah itu, kita bisa membaca dan menulis email secara offline.Kita juga tak perlu khawatir soal kuota, Tetapi pada email client terdapat batasan dalam mengakses pesan e-mail.

    ReplyDelete
  13. menggunakan web mail,kita bisa lebih leluasa menggunakan email yang dibuka melalui web browser,misalnya menggunakan yahoo dan gmail,keduanya menyediakan layanan untuk chatting,jadi jika dibuka melalui web browser,kita bisa menggunakannya.

    menggunakan software email client,kita bisa melihat langsung inbox email kita,tanpa harus membukannya melalui web browser.

    ReplyDelete
  14. kalau menggunakan Webmail kita bisa mengakses melalui browser seperti Firefox, Internet Explorer, Opera, dan sebagainya dan pun anda tinggal mengetikan url dari webmail tersebut lalu anda pun bebas mengelolah e-mail anda.


    kalau kita ingin menggunakan e-mail clinet atau bisa juga disebut POP client, kita terlebih dahulu harus mengistalasi softwares untuk e-mail clinet yaitu Thunderbid,Zimba desktop dan sebagainya dan tidak harus membuka url seperti webmail . dan cara kerja dari e-mail clinet dengan memindahkan pesan-pesan email dari mail server Anda ke harddisk di komputer Anda dan Karena tugasnya adalah memindahkan, maka inbox di mail server Anda akan kosong setelah pesan-pesan tersebut masuk ke komputer Anda.

    ReplyDelete
  15. email client: dapat menghemat waktu dalam pengiriman email melalui aplikasi thunderbird dll, juga dapat membaca email secara offline (tanpa menggunakan internet).

    webmail: untuk webmail kita membutuhkan beberapa aplikasi browser untuk membuka webmail dan jika koneksi internet tidak ada maka webmail tidak akan bisa di akses jika webmail yang di akses harus terhubung ke internet.

    ReplyDelete
  16. Yopy Marlyandika
    XII TKJ

    web mail adalah kemampuannya untuk diakses dari mana saja di seluruh dunia. Dari kantor, warnet, rumah, luar negeri, rumah tetangga, atau dari tempat lain, terserah Anda. Yang penting, komputer yang Anda pakai memiliki akses internet. Kemudahan seperti ini disebabkan e-mail yang Anda kelola berada di mail server tertentu, bukan di komputer pribadi Anda, dan untuk mengoperasikan e-mail account (membaca / menerima, mengirimkan, menghapus, membuat address book, dll) yang sudah Anda buat melalui cPanel

    E-Mail client adalah software yang digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail melalui komputer Anda tanpa browser. Cukup dengan menjalankan software e-mail client secara otomatis e-mail akan terdownload ke komputer Anda. Saat Anda tidak terkoneksi dengan internet, Anda dapat membaca e-mail – e-mail yang telah di download tersebut.

    ReplyDelete
  17. kalau menurut saya pak ..
    webmail : keuntungan nya ialah kita bisa mengakses mail kita di semua web browser . tetapi tentu dengan koneksi yang cukup memadai dalam arti kata, setiap refhres halamn tentu butuh download data yang lumayan ,

    nah ,, kalau dengan email client , kita menggunakan software seperti thunderbird , atau kalau yang memakai windows xp , dengan outlook express , pada software ini kita memasukkan alamat email dan tentu dengan passwordnya ,
    lalu ia akan terhubung sendirinya dengan email kita, di sini kita tidak perlu download untuk melihat email yang masuk, tapi dengan sendirinya ia akan update, atau kita hanya click pilihan "send/receive" , nanti inbox yang masuk akan terupdate dengan sendirinya , dan ini biasa nya memakan hardisk kita untuk penyimpanan .

    terimakasih
    Muhammad Azmi SHiddiq

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas Komentar Anda !
Tuntutlah Ilmu sampai ke Liang Lahat

Powered by Blogger.