Header Ads

Header ADS

Biografi : Ray Tomlinson

Penemu Email Ray Tomlinson Raymond Samuel Tomlinson adalah seorang programmer yang pertama kali menerapkan email pada tahun 1971 di ARPANET. Tomlinson dilahirkan di Amsterdam, New York. Dia bersekolah di Rensselaer Polytechnic Institute di Troy, New York. Ray berpartisipasi dalam program co-op dengan IBM. Pada 1963 dia lulus dari institut tersebut dengan gelar sarjana dalam bidang teknik listrik. Setelah lulus, dia melanjutkan pendidikan ke Massachusetts Institute of Technology. Di sana dia mengembangkan synthesizer analog-digital hibrida untuk penelitian tesisnya.

Kemudian pada 1965 dia lulus dengan gelar master teknik elektro. Tahun 1967 dia bergabung dengan perusahaan teknologi Bolt, Beranek dan Newman yang sekarang bernama BBN Technologies. Di sini dia membantu mengembangkan sistem operasi TENEX untuk ARPANET. ARPANET adalah sebuah divisi pengembangan internet dari departemen pertahanan Amerika Serikat.

Email sendiri lahir ketika ia mendapatkan pekerjaan untuk membuat program program untuk mentransfer file yang diberi nama CPYNET dan membuat program SNDMSG (send message). Dari situ terlahirlah ide untuk menggabungkan dua program tersebut dan hasilnya terciptalah e-mail pertama.

Email pertama yang dikirimkan Tomlinson adalah adalah tes e-mail. Kata pertama yang berhasil dikirimkannya adalah "QWERTYUIOP" yaitu baris pertama pada tombol keyboard. Kata tersebut dikutip sebagai e-mail pertama didunia. Penemuannya ini awalnya tidak dipandang oleh rekan kerjanya Jerry Burchfiel, "Ini bukan yang seharusnya kita kerjakan!" Tapi penemuannya inilah yang selalu digunakan oleh user diseluruh dunia.

No comments

Terima Kasih Atas Komentar Anda !
Tuntutlah Ilmu sampai ke Liang Lahat

Powered by Blogger.